IGI TOBA Jalin kerjasama dengan IT DEL Guna Upgrade Skil Guru

Posting Komentar
Kiri: Prof. Ir. Togar Simatupang, M.Tech, Ph.D (Rektor IT Del); Tengah Bpk. Boi Simangunsong (Ketua Komisi B DPRD Toba); Kanan: Joko Lubantoruan, S.Pd (Ketua IGI Toba)

 Ikatan Guru Indonesia (IGI) Daerah Toba mencoba jajaki kerjasama dengan Institut Teknologi DEL.

Sebagai upaya menjalin kemitraan IGI Toba melihat potensi besar yang tersedia di Toba dengan hadirnya Institut Teknologi DEL di Kabupaten Toba yang telah terbukti dan teruji menjadi lembaga Pendidikan tinggi berkwalitas, Tim IGI Toba ingin melihat peluang dapat bermitra dengan IT Del dan Puji Tuhan Pihak IT Del ternyata menyambut hangat dan punya mimpi yang sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Toba.

Pihak IT Del menyambut hangat kunjungan TIM IGI Toba. Dalam sambutannya Bpk. Prof. Ir. Togar Simatupang, M.Tech., Ph.D. selaku Rektor Institut Teknologi DEL menyampaikan pihaknya sangat mendukung adanya program IGI Toba dalam upaya mengupgrade kompetensi guru-guru di kabupaten Toba. dan beliau juga menyampaikan kalau pihaknya akan bersedia menjadi mitra yang kedepannya bersedia memfasilitasi dari sisi prasarana dan juga SDM. Memberikan pelatihan bagi guru guru merupakan satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang juga merupakan visi dari Institut Teknologi DEL. Hadirnya IGI dan mengajak kerjasama dengan IT Del seperti gayung bersambut (dalam istilah batak pajumpang mata ni dekke tu mata ni doton) yang di harapkan terus berkesinambungan dan berdampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Toba. Beliau menyampaikan kerjasama ini harus dapat di ukur dan menghasilkan produk yang benar benar terlihat bagi pendidikan di Toba.

Sebagai bentuk komitmen kerjasama ini langsung di eksekusi melalui pembuatan MoU antara IGI Toba dan IT DEL yang di tandatangani langsung oleh Rektor Institut Teknologi Del; Prof. Ir. Togar Simatupang, M.Tech. Ph.D dan Ketua Ikatan Guru Indonesia daerah Toba; Joko Lumbantoruan, S.Pd. pada tanggal 27 April 2021. Selanjutnya MoU ini kedepan akan merealisasikan berbagai program yang telah di sepakati. Pada tahun 2021 di sepakati 3 kegiatan kerjasama yaitu:

  1. Computational Thinking
  2. Penulisan Karya Ilmiah
  3. Olimpiade Sains
Dalam waktu dekat ini IT Del dan IGI Toba akan merilis kegiatan pengenalan Computational Thinking yang rencananya akan di laksanakan secara daring melalui webinar akibat pandemi Covid-19 yang membatasi adanya interaksi dengan kontak langsung. Kegiatan tersebut di rencanakan pada tanggal 20 Mei 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Adapun Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah di rencanakan akan di realisasikan pada bulan Juli 2021 mendatang dan Kegiatan Olimpiade Sains direncanakan pada bulan Oktober 2021. 

Terciptanya MoU ini tak lepas dari kontribusi besar bapak Boi Antoni Simangunsong (Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Toba Periode 2019-2024) bapak Boi Simangunsong ini punya kecintaan dan kerinduan akan perbaikan mutu pendidikan di Toba, karena belau menyadari dengan pendidikanlah dapat memperbaiki nasib bangsa ini, secara khusus nasib Kabupaten Toba ini. Hal ini tak lepas dari pengalaman beliau yang pada periode lalu di DPRD Tobasa 2014-2019 menjadi anggota komisi C yang membidangi pendidikan. Walaupun sekarang sudah di komisi B beliau tetap punya kerinduan dan kecintaan yang sama akan pendidikan, oleh karena itu bapak Boi (begitu nama akrapnya dipanggil) berharap MoU ini harus menghasilkan peningkatan kualitas pendidikan.


Artikel Lain yang sejenis

Posting Komentar